Bagaimana cara membuat sebuah perusahaan (PT)?

Perseroan Terbatas atau PT adalah istilah umum untuk menggambarkan suatu badan hukum yang difungsikan untuk menjalankan usaha dimana modal yang dimiliki berupa saham-saham, yang menunjukkan porsi kepemilikan atas perusahaan bagi pemiliknya. Anda punya ide bisnis cemerlang dan prospektif? Mengapa tidak mendirikan sebuah perusahaan saja?

Mendirikan sebuah PT juga merupakan bagian dari promosi. Bahkan dibandingkan hanya menyebar informasi berupa iklan-iklan atas nama pribadi, membawa brand dengan nama perusahaan justru akan lebih menguntungkan. Sebab:

  • Usaha akan terlihat lebih bonafit dan professional sebab memiliki struktur perusahaan yang jelas.
  • Otomatis ada pengelompokkan antara harta perusahaan dan pribadi sehingga Anda bisa lebih merasa aman.
  • Aktivitas bisnis bisa dilakukan lebih leluasa sebab telah mengantongi izin legal sebagai sebuah perusahaan berbadan hukum.
  • Pemindahtanganan perusahaan juga lebih mudah sebab kepemilikan modal tersistem dalam bentuk saham yang bisa dipindahtangankan atau dijual ke orang lain.
  • Lebih mudah menjalin kerjasama dengan para investor, terutama dari luar negeri.
  • Perusahaan yang berbadan hukum juga tentu memperoleh perlindungan di mata hukum sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-Undang.
  • Kemudahan memindahkah saham atas nama orang lain membuat perusahaan bisa terus berjalan meskipun pemilik awal sudah tidak berada di perusahan itu lagi.
  • Proses dan syarat pendirian PT 2019 juga sudah lebih mudah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 

Berikut ini beberapa syarat yang dibutuhkan untuk mengurus izin pendirian PT:

  • Fotocopy atau scan KTP elektronik, Kartu Keluarga, NPWP dengan format dari pengurus perusahaan (direktir dan komisaris)
  • Fotocopy atau scan KTP elektronik, Kartu Keluarga, NPWP dengan format dari pemegang saham
  • Fotocopy PBB dan bukti bayar PBB tahun terakhir sesuai domisili perusahan
  • Fotocopy Surat Kontrak/Sewa Kantor atau bukti kepemilikan tempat usaha
  • Surat Keterangan Domisili dari pengelola gedung atau ruko
  • Foto kantor tampak dari dalam dan luar
  • Kantor berada di zonasi perkantoran / zonasi komersial / zonasi campuran

Dari beberapa syarat di atas ada yang dicantumkan beberapa dokumen terkait dengan kantor atau lokasi usaha. Bagi seorang pengusaha pemula, poin tersebut masih terbilang tidak mudah. Sebab, dibutuhkan dana yang tidak sedikit untuk bisa mendirikan atau membeli sebuah gedung perkantoran.

Kabar baiknya, Anda sebagai pendiri perusahaan startup dapat memanfaatkan jasa penyewaaan kantor virtual. Jadi, disini pemilik perusahaan hanya perlu meminjam alamat kantor tanpa harus dipusingkan dengan pengelolaan dan operasional harian yang berkaitan dengan lokasi kerja tersebut. Anda bisa lebih leluasa bekerja dimana saja dan kapan saja. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan, Anda tinggal pergi ke lokasi virtual office yang disewa, baik untuk mengadakan pertemuan dengan para karyawan atau klien dan investor. 

Kemudian, prosedur pengurusan (izin) pembuatan PT sendiri bisa dijalankan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pengecekan nama dan pembuatan draft akta oleh notaris serta finalisasi dan tandan tangan akta yang dilakukan di hadapan notaris tersebut
  • Pengambilan NPWP perusahaan dan SKT perusahaan yang dikeluarkan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP)
  • Pengurusan Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) dimana berlaku selama 5 tahun untuk kantor fisik dan selama 1 tahun untuk kantor virtual
  • Pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB)
  • Pengajuan Izin Usaha dan Izin Komersial yang menggantikan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Dalam mendirikan suatu perusahan, Anda tidak hanya membutuhkan kematangan ide usaha dan modal. Untuk menciptakan kredibilitas yang terpercaya, sebuah PT juga harus memiliki alamat yang jelas dan terbilang strategis. Maka dari itu banyak sekali para pengusaha yang mencari tempat usaha di kota-kota besar. Namun, bagi Anda yang sedang merintis sebuah perusahaan, ada baiknya mempertimbangkan untuk sewa kantor Jakarta virtual dibandingkan kantor fisik sebab Anda bisa lebih leluasa bekerja tanpa harus pindah tempat tinggal.

Kamipun dapat membantu anda mengurus perizinan pendirian PT anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *