Tahapan Membuat Domisili Perusahaan (PT) Virtual Office

Virtual office adalah solusi kreatif bagi perusahaan startup yang memiliki dana terbatas untuk membangun kantor sendiri. Menyewa sebuah ruang kerja memang masih bisa menjadi pertimbangan. Akan tetapi, jika harus memilih lokasi strategis seperti di kota-kota besar, maka tetap harus dipertimbangkan biaya sewa sebuah kantor fisik. Seiring terbatasnya lahan yang tersedia, tarifnya juga tentu akan semakin tinggi, maka solusinya adalah membuat perusahaan menggunakan Virtual Office

Maka dari itu, sebuah perusahaan baru perlu mempertimbangkan solusi alternative. Salah satunya dengan menyewa kantor virtual. Alamatnya jelas ada, hanya kegiatan operasional perusahaan tidak harus dijalankan di lokasi tersebut. Jadi, status kantor semacam ini tetap legal di mata hukum.

Mengurus izin pendirian PT sekarang jauh lebih mudah dari sebelumnya. pemerintah telah mengeluarkan kebijakan baru yang dicantumkan dalam Perpres No.91 Tahun 2019 mengenai Percepatan Pelaksanaan Berusaha. Peraturan ini memberikan peluang lebih luas ke lebih banyak orang untuk mendirikan sebuah perusahaan dan mengembangkan kegiatan bisnis mereka.

Selain menyangkut tentang izin pembuatan PT sendiri secara garis besar, Perpres ini juga menunjukkan bagaimana pemerintah tidak mengesampingkan perkembangan teknologi informasi online. Hal ini sejalan dengan semakin populernya tren penggunaan kantor virtual sebagai salah satu syarat mendirikan sebuah perusahaan dengan biaya yang lebih terjangkau.

Berikut cara mendirikan PT dengan memanfaatkan jasa penyedia Virtual Office:

Membuat akta pendirian PT, SK pengesahan Badan Hukum dan NPWP Perusahaan

Sebelum peraturan terbaru terbit, pembuatan NPWP untuk sebuah Perseroan Terbatas dilakukan secara manual dimana penerbitannya dilakukan oleh Kantor Pelayanan Pajak setempat. Namun, kini sudah ada prosedur baru dimana NPWP perusahaan akan langsung ikut diproses bersama dengan akta PT dan SK Kemenkumham.

Penggunaan Domisili Virtual Office

Saat memproses perizinan usaha, sangat penting untuk mencantumkan informasi tentang alamat perusahaan. Akan tetapi, mendapatkan lokasi usaha yang strategis tidaklah mudah, terutama di kota besar seperti Jakarta. Selain itu, biaya pembelian dan pembangunan juga sangat tinggi mengingat semakin sempitnya lahan yang tersedia. Sebagai alternative, sebuah perusahaan baru bisa memanfaatkan adanya jasa kantor virtual dimana tren ini sudah mendapatkan dukungan dari pemerintah setempat.  Bahkan sudah ada pihak penyedia jasa khusus untuk UMKM dan Startup yang ingin membuat perusahaan di Jakarta memakai kantor virtual, dimana paket tersebut juga sudah mencakup akta pendirian PT dan SK pengesahan badan hukum.

Menentukan bidang usaha sesuai dengan Klafisikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KLBI)

Acuan terbaru mengenai hal ini bisa dilihat dalam Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik No.19 Tahun 2017. Peraturan ini digunakan oleh masing-masing daerah untuk menentukan KBLI yang dapat digunakan di daerah masing-masing. Jadi, setiap wilayah tentunya akan berbeda-beda.

Membuat surat pernyataan tentang kegiatan

Sebelum tahun 2016, ada aturan mencantumkan surat keterangan domisili perusahaan (SKDP) untuk penerbitan SIUP untuk wilayah Jakarta. namun, kini perusahaan tidak harus melampirkan dokumen tersebut. sebagai gantinya, informasi tambahan yang diperlukan yaitu surat pernyataan tentang kegiatan perusahaan. Akan tetapi, kegiatan tersebut harus tetap berada di zonasi yang sesuai dengan peruntukannya. Maka dari itu, perusahaan startup yang belum memiliki kantor atau gedung sendiri bisa memanfaatkan layanan virtual office Jakarta.

Mendaftarkan karyawan dalam program BPJS Ketenagakerjaan

karyawannya dalam program BPJS Ketenagakerjaan masih berubah-ubah. Ada kalanya harus diagendakan terlebih dahulu sebelum mengajukan izin usaha. Akan tetapi, adapula persyaratan yang memungkinkan pendafaran dilakukan setelah terbitnya SIUP. Kendati demikian, pemilik perusahaan tetap wajib mengikutksertakan karyawannya dalam program pemerintah tersebut.

Biaya sewa kantor di Jakarta tidak bisa dibilang murah. Hal ini tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagi perusahaan startup yang ingin mengembangkan bisnisnya. Maka dari itu, dukungan pemerintah dengan mengijinkan para pengusaha pemula untuk mendirikan perusahaan menggunakan kantor virtual sangatlah berarti.

Kamipun menyediakan berbagai layanan Virtual Office dengan berbagai lokasi strategis di Jakarta dan kamipun juga melayani pengurusan izin membangun PT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *