Pengurusan Alamat Domisili Perusahaan di Jakarta

Jakarta memang menjadi salah satu kota tersibuk yang ada di Indonesia. Di Kota ini terdapat beragam perusahaan yang menjalankan usahanya dan menjadi tempat mencari nafkah sebagian masyarakat Jakarta. Anda tertarik untuk mendirikan perusahaan di Ibukota ini? Jika iya maka Anda harus memahami bagaimana aturan perizinan usaha yang berlaku di Jakarta. Salah satu aturannya yang penting adalah tentang pengurusan alamat domisili perusahaan.

Alamat domisili perusahaan menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan. Sebab hal ini akan berkaitan erat dengan legalitas serta mobilitas dari perusahaan itu sendiri. Pengurusan alamat ini lebih dikenal dengan istilah surat keterangan domisili perusahaan atau SKPD. Lalu bagaimana cara pengurusan alamat domisili perusahaan ini? Berikut informasi selengkapnya.

1. Lengkapi Perysaratannya

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengurus SKPD adalah melengkapi persyaratannya. Persyaratan ini sangat beragam, tergantung apakah kantor merupakan milik sendiri atau kantor sewaan. Jika ternyata Anda menyewa kantor, maka persyaratan yang perlu dilampirkan adalah syarat untuk sewa domisili kantor.  Persyaratannya dapat berupa surat permohonan, surat pernyataan, akta notaris, KTP, KK, NPWP, surat keterangan dari pemiliki gedung, perjanjian penyewaan gedung, hingga surat ITU. Lengkapi semua syarat ini dan masukan dalam map agar mudah untuk dibawa.

2. Minta Surat Pengantar dari RT

Jika semua persyaratan telah lengkap, maka selanjutnya Anda harus meminta surat pengantar dari RT maupun RW tempat perusahaan berdomisili. Bawa semua syarat yang telah dilengkapkan tadi ke RT Anda. Pihak RT akan membuatkan surat pengantar untuk mengurus surat keterangan domisili perusahaan. Biasanya di surat tersebut juga akan disahkan oleh penjabat RW-nya.

3. Laporkan Ke Kelurahan

Setelah dua hal tadi Anda lakukan, maka langkah selanjutnya adalah melaporkan ke kantor kekelurahan. Sampaikan kepada pihak kekelurahan bahwa Anda ingin mengurus perizinan usaha berupa menerbitan surat domisili untuk perusahaan Anda. Jika semua bahan yang dibutuhkan telah cukup, maka biasanya pihak kekelurahan akan segera memprosesnya. Namun jika ternyata belum lengkap, sebaiknya segera Anda perbaiki berkas persyaratan tersebut.

4. Tunggu Proses Penerbitan SKPD

Langkah terakhir yang Anda lakukan adalah menunggu proses penerbitan SKPD tersebut selesai dilakukan. Umumnya surat keterangan domisili perusahaan akan selesai dalam kurun waktu 3 sampai 8 hari kerja. Jika batas waktu yang diberikan telah lewat dan surat juga belum kunjung terbit, maka sebaiknya Anda melakukan konfirmasi ke pihak kelurahan. Sebab bisa jadi ada kendala yang ditemukan pada berkas Anda atau justru ada permasalahan lain di pihak kelurahannya.

Bagaimana cukup mudah bukan untuk melakukan pengurusan domisili perusahaan di Jakarta. Hal ini akan semakin mudah, sebab pemerintah Jakarta telah menggunakan teknologi digital untuk pengurusan surat di Jakarta. Anda dapat megakses halam resmi dari pemerintah Jakarta untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengurusan surat ini.

Jika merasa bingung, maka Anda dapat menggunakan jasa pendirian PT. Jasa ini akan dengan senang hati membantu Anda untuk mendirikan perusahaan secara legal di Ibu Kota, Jakarta. Pilih jasa yang benar-benar berkualitas, agar nantinya usaha Anda dapat berbuah hasil yang diingikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *